Thursday 15 December 2011

Ular


Klasifikasi Ular
kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
SubPhylum : Vertebrata
Class : Reptilia
Ordo : Squamata
SubOrdo : Serpentes

Dalam kelompok ular terdapat jenis ular berbisa dan tidak berbisa. Namun jumlah ular yang berbisa jauh lebih sedikit dari jumlah ular tidak berbisa yang begitu banyak jumlahnya. Ular berbisa yang paling sering kita liat atau tahu ialah cobra. Reptil ini memiliki variasi ukuran dan corak yang begitu banyak.

Seperti Reptil lainnya, ular ditemukan di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. Ada sekitar 15 family ular dari >400 genus dan hampir 3000 spesies. Tapi dari 15 family itu, bagi hobiis dikenal hanya 3 family, yaitu: phytonidae (piton), boidae (boa), colubridae (colubrid).

Di kalangan pencinta reptil, ular memang menjadi pilihan terfavorit. Karena, perawatan ular memang lebih mudah dari reptil-reptil lainnya, dan ular memiliki corak-corak yang unik. ular hanya butuh makan dalam periode tertentu, misal seminggu sekali bahkan sampai berbulan-bulan sekali.

Yang disayangkan ialah banyaknya info-info yang salah mengenai si ular ini. semisal mitos lama yang menyatakan bahwa ular itu jelmaan iblis, dan adanya movie-movie yang menggambarkan keganasan ular. contohnya film anaconda yang menggambarkan keluarga Boa yang mengejar manusia. padahal anaconda bukan tipe ular yang agresif.

Jenis-jenis ular:

Venomus














Python















Boa










Morelia












Colubrid















No comments:

Post a Comment